Mereka Bilang Saya Monyet – Djenar Maesa Ayu

mereka bilang saya monyet cover

Djenar Maesa Ayu, is my top-list Indonesian Writer. Hampir semua cerita karangan Djenar adalah favorit. Membacanya tidak pernah membuat saya terhenti ataupun bosan.

Dari 11 cerpen dikumpulkan dalam Mereka Bilang, Saya Monyet! Kebanyakan dari kisah yang diceritakan dalam buku ini berlatar belakang cerita mengenai remaja yang tidak berbahagia dalam keluarga, kekurangan perhatian dari orangtua, pelecehan seksual terhadap anak-anak hingga carut-marut kehidupan dengan penuh imajinasi.

 

Favorit saya, semuanya. Namun jika harus memilih, cerpen Namanya,… menjadi amat menarik saya. Keterbukaan Djenar dalam mengungkap ketabuan dalam bahasa menjadikan cerpen mengenai remaja yang kurang kasih sayang ayah dan terjebak dalam dunia maksiat ibunya ini menjadi sangat menarik.

Atau kisah singkat SMS yang menjadi sebuah cerpen perselingkuhan yang menarik. Hanya kata per kata dari SMS mampu menggambarkan keseluruhan cerpen tanpa harus dibuat menjadi percakapan atau kalimat yang lengkap. Itulah keajaiban dari imajinasi Djenar.

Cerpen Durian juga menarik, tentang ketakutan seorang wanita akan durian. Durian dalam mimpinya terbawa ke alam nyata dimana dia percaya bahwa durian akan membawa petaka bagi hidupnya. Sewaktu dia hamil dahulu, dia bermimpi makan durian dengan lahap. Dalam kehidupan nyata, akhirnya dia melahirkan bayi dengan penyakit kusta. Kutukan durian terus datang dalam mimpinya.

“Karena saya manusia biasa yang dikaruniai rasa untuk menginginkan, namun saya juga dikaruniai akal untuk memutuskan apa yang tidak dan harus saya lakukan.” ~ Durian dalam Mereka Bilang, Saya Monyet!, 2004

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s