Wishful Wednesday #1

wishful-wednesday

And Happy Wednesday for all book bloggers! This is my first Wishful Wednesday!

Buku ini adalah salah satu bacaan ringan dari seorang Bill Gates dan dimasukkannya dalam kategor the Best Book that he ever read in 2012. Ketertarikan saya dalam sebuah review singkat dalam website pribadinya membuat saya benar-benar menginginkan buku ini. Setebal 823 halaman dan ber-genre non fiksi tentunya akan menjadi sebuah tambahan pengetahuan yang akan sangat menyenangkan.

The Better Angles of Our Nature Why Violence has Declined - Steven Pinker

Berjudul The Better Angles of Our Nature : Why Violence Has Declined yang diterbitkan tahun 2011, Steven Pinker (sang penulis) menjabarkan beberapa fakta dan pendapat mengenai tindakan kekerasan yang terjadi di muka bumi ini semakin lama (ternyata) semakin berkurang. Saya tidak percaya akan hal itu, karena dalam kenyataannya semakin lama dunia semakin kejam dan kekejaman itu bertambah beragam jenisnya. Saya merasakan bahwa Steven Pinker adalah seorang liberalis (?) karena mengedepankan bahwa orang-orang sudah mulai membuat beragam penyatuan (baik dalam bentuk kerjasama maupun organisasi) adalah bentuk menuju perdamaian yang hakiki.

“Before I picked up “The Better Angels of Our Nature,” I assumed that most murders were motivated by economic gain. In fact, only about 15 percent of U.S. homicides involve robbery or other economic factors. The perpetrator is usually driven by a sense of injustice or desire for revenge, and he doesn’t trust institutions to mete out punishment.”

– Bill Gates (2012) in his review about “The Better Angels of Our Nature”

Jadi, pikiran saya juga serupa dengan Bill Gates yang lebih ‘pesimis’ ketimbang ‘optimis’ tentang perdamaian dunia. Tetapi beragam fakta yang ditampilkan oleh Steven Pinker nampaknya dapat menepis semua anggapan-anggapan pesimis tersebut. Bill Gates dalam reviewnya mengenai buku ini juga menerangkan bahwa ide -ide dalam buku Steven Pinker ini dapat membantu membangun sebuah ‘peaceful society‘ yang tidak hanya dipengaruhi oleh sisi ekonomi semata. Menarik bukan?

Oleh karena itu, buku ini masuk dalam Wishlist Wednesday pertama saya. Berdasarkan toko buku online internasional yang ada di Indonesia, harga bukunya sekitar IDR 240,000. Cukup setara harganya dengan nilai yang ada yang dalam buku ini, kan?

Apa Wishful Wednesday-mu kali ini?

  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky. Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)
Advertisements

7 thoughts on “Wishful Wednesday #1

  1. woaaah bacaan “berat” ini ternyata masuk ke “ringan” nya Bill Gates yaaa hhihihi…semoga segera terkabul! siapa tau ada buku second/diskonannya yaaaa

  2. Pingback: Wishful Wednesday #2 | Legi, Intellexi, et Condemnavi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s